Lhokseumawe Jadi Tempat Pertama Pemuda Inspiratif 2018, Menpora Harapkan Lahir Ide dan Prestasi Baru

Table of Contents
Pemuda Inspiratif 2018
Foto: Dok. Tribunnews
Kabar Aceh Online - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar kegiatan Pemuda Inspiratif 2018 di lapangan Hiraq Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Sabtu (8/9/2018) dan Minggu (9/9/2018).

Kegiatan ini akan digelar di 8 provinsi dan 16 kota di Indonesia. Kota Lhokseumawe menjadi tujuan utama dalam rangkaian Pemuda Inspiratif 2018 yang sejalan dengan Nawacita Pesiden RI Joko Widodo.

Para pemuda berprestasi dengan kategori WNI dan berusia 16 hingga 30 tahun di setiap kota bakal dikumpulkan.

Tujuan kegiatan Pemuda Inspiratif 2018, untuk mencari para pemuda kreatif dan punya prestasi. Menpora RI Imam Nahrawi menaruh harapan bahwa pemuda tanah air bisa menuangkan ide prestasinya, dapat membuat inspirasi bagi masyarakat.

"Saya berharap program ini bisa berjalan sukses, tidak sekadar program tapi menghasilkan output yang baik.Benar-benar lahir pemuda yang memberikan inspirasi. Bonus demografi ini, harus menjadi keunggulan Indonesia ke depan," ujar Menpora.

Ini juga untuk memacu kreatifitas masyarakat atau pemuda yang punya potensi untuk berkembang. Untuk kegiatan utama ini, tim juri akan memilih dua peserta terbaik yakni 1 orang putra dan 1 orang putri untuk setiap kota.

Nantinya kedua peserta terbaik ini akan dikirim ke Banten untuk bersaing di tingkat nasional. Sementara itu, Asdep Kreativitas Pemuda Kemenpora Djunaedi memberikan ajakan

"Kami mengajak anda oemuda indonesia unti bergabung di ajang oemuda inpiratif di 8 provinsi. Tunjukkan talentamu," terang Djunaedi.

Ada 9 kategori yang akan dilombakan oleh para peserta yaitu pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Peserta bebas  memberikan ide, konsep, gagasan, atau bahkan produk yang berkaitan dengan salah satu kategori tersebut.

Nantinya penampilan peserta akan dinilai oleh juri. Bagi 1 putra dan 1 putri terbaik di setiap kota akan dikirim mengikuti penyisihan nasional untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan.

Rencananya, kegiatan serupa juga akan digelar di Kota Banda Aceh pada Sabtu-Minggu tanggal 15-16 September 2018. Selain kegiatan utama, tim panitia Pemuda Inspiratif juga akan menggelar kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba Paskibra, kompetisi band dan kompetisi dance. [ tribunnews ]