Bang Joni Eumpang Breuh: Mando Ka Geuwo Bak Allah

Table of Contents
Kabar Aceh Online - Sulaiman alias Mando Gapi, salah satu artis komedian Aceh yang melejit lewat serial 'Eumpang Breuh' telah meninggal dunia. Pria kelahiran Bireuen tahun 1970 itu menghembuskan nafas terakhir di RSU Cut Meutia, Buket Rata, Lhokseumawe, Kamis, 17 Januari 2019, sekitar pukul 01.30 WIB.

beng joni artis film dan lagu aceh
Abdul Hadi alias Bang Joni
"Ya, sahabat kita Mando Gapi telah meninggal dunia dini hari tadi. Sebelum meninggal, saat sedang berada di rumahnya kawasan Alue Awe, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, ia mengalami sesak nafas dan sakit kepala akibat penyakit darah tinggi kronis yang dialaminya selama ini. Saat itu ia kehilangan kesadarannya, sehingga langsung dibawa ke rumah sakit." ujar Muhammad Daud

Muhammad Daud selaku Asisten Sutradara 'Eumpang Breuh' menyebutkan, setelah sempat mendapat penanganan di rumah sakit, petugas medis menyatakan Mando Gapi telah berpulang ke rahmatullah.

"Saya mendapat kabar duka ini dari Abdul Hadi alias Bang Joni, sahabat karib Mando Gapi yang juga pemeran utama di film Eumpang Breuh. Bang Joni mengatakan, 'Mando kageuwoe bak Allah sat nyoe dalam poh 01.30 WIB di RSU Cut Meutia (Mando sudah berpulang kerahmatullah tadi pukul 01.30 WIB di RSU Cut Meutia),'" ungkap Daud.

Daud memohon kepada seluruh masyarakat Aceh untuk mendoakan Mando Gapi, agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya dan semoga almarhum ditempatkan di sisi-Nya. "Mando Gapi meninggal di usia 49 tahun (12 Desember 1970-17 Januari 2019) dengan meninggalkan istri tercinta, Ernawati," pungkas Daud.

bang joni dan mando gapi
Kebersamaan Alm. Mando Gapi dan Bang Joni 
Seperti diketahui, masyarakat Aceh sudah tidak asing lagi dengan sosok Mando Gapi yang selalu berperan kocak dalam serial 'Eumpang Breuh'. Gaya bicaranya pun mudah dikenali saat membintangi beberapa iklan radio. Dalam perannya sebagai Mando Gapi, Sulaiman selalu tampil dengan sepeda motor jadul dan pakaian khas memakai jas, celana panjang dipadu sarung layaknya pemain seudati dan tak ketinggalan kopiah yang menutup kepalanya.

sumber: portalsatu.com